Distributor Bawang Merah di PemalangBerburu bahan makanan dan bumbu dapur merupakan aktivitas harian yang dilakukan ibu rumah tangga. Meski tidak sedikit pula yang memilih belanja mingguan atau bulanan. Setelah sekian lama membeli bawang merah, pernahkah terlintas di benak Anda untuk menanam bawang merah sendiri?

Cara Tanam Bawang Merah Pot

Menanam bawang merah membutuhkan keterampilan, keahlian dan kecerdasan membaca perilaku tanaman. Memang jauh lebih sulit daripada belanja bawang di distributor terkenal. Meski sulit, tidak sedikit masyarakat yang tertarik untuk melakukannya lantas memanfaatkan bawang merah hasil tanaman sendiri untuk kebutuhan sehari-hari. 

Distributor Bawang Merah Di Pemalang
Distributor Bawang Merah Di Pemalang

Berikut ini tahapan demi tahapan menanam bawang merah menggunakan media tanah di dalam pot:

Bahan dan Peralatan:

  • Pot ukuran sedang atau besar
  • Tanam subur secukupnya
  • Air untuk menyiram tanaman pasca ditanam
  • Pupuk khusus bawang merah
  • Bibit bawang merah

Bapak Muhamad Akip
No. HP / WhatsApp : +62 853-2899-9919
Jl. Gatot Subroto Rt.01/06 Bojong Bata Pemalang

Cara Menanam:

  1. Pertama-tama, potonglah ujung bibit bawang merah. Ini berguna agar pertumbuhan bawang merah berlangsung lebih cepat. Tidak perlu memotong memanjang, cukup 1 sentimeter saja.
  2. Masukkan media tanam ke dalam pot dan campurkan dengan pot secukupnya. Gunakan pupuk organik bila ingin bawang merah yang lebih sehat. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda membeli pupuk khusus tanaman bawang merah (buah). Gunakan pupuk buah tersebut setelah tanaman tumbuh tinggi.
  3. Selanjutnya, tanam beberapa siung bibit bawang yang siap tanam di atas media tanam. Pastikan kedalaman tanamnya tidak lebih dari 7 sentimeter dari permukaan tanah. 
  4. Timbun bibit dengan tanah dan sisakan sedikit permukaan bawang tertutup untuk penyerapan nutrisi. Timbun dengan lembut dan hindari menekan tanah dengan kuat. 
  5. Ambil air dan siram tanaman bawang merah Anda. Lakukan penyiraman di pagi juga sore hari. Jangan lupa untuk memberikan pupuk secara berkala. 
Distributor Bawang Merah Di Pemalang 2
Distributor Bawang Merah Di Pemalang 2

Cara Mudah Tanam Bawang Merah Pasir

Ingin menanam bawang merah hasil beli dari distributor bawang merah di Pemalang murah? Mengapa tidak mencoba media tanam pasir? Cara ini mungkin tidak sepopuler teknik penanaman pertama tapi tetap memberikan hasil panen yang memuaskan. 

Bahan dan Peralatan:

  1. Pasir
  2. Air
  3. Bibit bawang merah
  4. Larutan pupuk
  5. Pot 

Cara Menanam:

  1. Pertama-tama, rendam terlebih dahulu bibit bawang merah yang sudah Anda persiapkan. Rendam menggunakan larutan pupuk yang ditambah air secukupnya. Dosisnya 1 tutup larutan pupuk setara dengan 1 liter air. Biarkan bibit bawang merah kurang lebih selama 3 hari berturut-turut.
  2. Ambil pot dan masukkan pasir ke dalamnya. Tanam bibit bawang merah yang sudah disimpan 3 hari. Perhatikan jaraknya saat Anda menanam lebih dari satu bibit di pot yang sama. Usai ditanam, siram dengan air secukupnya agar tanaman terhidrasi.
  3. Dimasa pertumbuhan, tanaman bawang merah membutuhkan zat mineral dan nutrisi. Jangan lupa untuk siram tanaman serta memberikannya pupuk secara berkala. Ketika menyiram bawang merah hindari genangan air karena bawang merah mudah membusuk di tempat yang terlalu lembap.
  4. Siangi bawang merah secara berkala minimal 10 hari sekali. Cara ini membantu menjaga kualitas bawang merah. 

Masih sulit menanam bawang merah sendiri? Jika memang dirasa sangat sulit, baiknya stok bawang merah dari distributor bawang merah di Pemalang terbaik. Mereka memiliki bawang merah kualitas terbaik, mulai dari bawang merah besar dan kecil.

Distributor Bawang Merah Di Pemalang 3
Distributor Bawang Merah Di Pemalang 3

Cara Tanam Bawang Merah di Polybag

Bagi beberapa orang menanam bawang merah di pot di rasa terlalu boros karena harga pot per satuannya cukup mahal terutama pot besar. Untuk mengurangi biaya penanaman, Anda bisa memanfaatkan polybag. Bagaimana cara penanamnya simak di bawah ini:

Bahan dan Alat:

  • Polybag sesuai kebutuhan
  • Pupuk dan tanah subur
  • Air dan bibit bawang merah

Cara Menanam:

  1. Sebelum menanam bibit bawang merah di dalam polybag, pastikan media tanam berada dalam kondisi subur tidak kering.
  2. Tempatkan tanah secukupnya ke polybag setelah itu beri pupuk.
  3. Tanam bibit bawang merah dengan bagian ujung lancip terpotong di bagian bawah. Ini akan membantu mempercepat proses pertumbuhan bawang merah.
  4. Timbun bawang merah dengan tanah dan sisakan sedikit permukaan bawang menyembul. Ini berguna untuk mempermudah bawang menyerap nutrisi dan cahaya matahari yang dibutuhkannya.
  5. Siram dan beri pupuk, lakukan secara berkali. Untuk penyiraman, biasakan menyiram di pagi dan sore hari.

Itulah tiga cara menanam bawang merah, Anda bisa memilih untuk tanam di pot, polybag atau memakai pasir. Proses penanaman tentu membutuhkan banyak waktu hingga bawang merah siap panen. Berbanding terbalik jika Anda memutuskan membeli bawang dari distributor bawang merah di Pemalang terpercaya.

Bawang merah yang ada di distributor merupakan bawang merah siap pakai. Yang bisa Anda manfaatkan untuk mengolah berbagai makanan sederhana maupun makanan rumit dengan resep kompleks.

Distributor Bawang Merah di Pemalang

Apakah Anda sedang mencari distributor yang jual bawang merah di Pemalang? Jika iya maka Anda bisa menghubungi distributor Bapak Muhamad Akip di nomer HP/ WhatsApp : +62 853-2899-9919. Apabila Anda berlokasi di area Pemalang, Anda juga bisa langsung saja mendatangi tokonya yang ada di Jalan Gatot Subroto Rt.01/06 Bojong Bata Pemalang.

Bapak Muhamad Akip merupakan distributor bawang merah di Pemalang yang sudah lama berkecimpung dalam penjualan berbagai rempah dan bumbu Indonesia. Dipetik langsung dan masih segar dengan kualitas terjamin. Bebas bahan kimia berbahaya dan ditawarkan dengan harga terjangkau.